city map

Kamis, 03 Maret 2011

NORMA........


Norma adalah aturan maupun petunjuk hidup yang dilakukan oleh masyarakat yang harus dipatuhi oleh seluruh sekelompok masyarakat tersebut...

MACAM MACAM NORMA ....                      1. NORMA AGAMA... 
                                               
Yaitu aturan yang di berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. yang memberikan kita perintah untuk melarang hal hal yang tidak baik atau yang di larang nya.contohnya yaitu kita di perintahkan untuk beribadah dan beramal saleh, tidak melakukan hal yang maksiat maupun keji dan lain sebagainya..

2.NORMA KESUSILAAN...
 Yaitu norma yang berasal dari hati nurani kita sendiri (batin). kita dapat membedakan mana perbuatan yangbaik dan mana perbuatanyang buruk. dengan adanya norma ini kita bisa mengajak orang orang untuk berbuat baik. contohnya berbuat baik terhadap sesama, bersikap jujur, menghilangkan rasa dendam dan iri hati.

3. NORMA KESOPANAN...

 Yaitu norma yang berasal dari pergaulan kita sehari hari. dari pergaulan itu lah orang dapat mengetahui sifat kita yang baik atau tidak. norma ini sangat perlu agar kita dapat menghargai sesama kita dan berkata yang sopan contohnya berkata yang baik, menghargai sesama dantidak berkata yang kotor..


4. NORMA HUKUM...
Yaitu norma yang berasal dari peraturan pemerintah yang harus ditaati. apabila norma ini tidak ditaati maka orang tersebutakan menerima sanksinya sesuai dengan pelanggarannya. yaitu berupa denda atau hukuman yang tegas...

dalam linkungan keluarga:
a. menaati semua aturan atau kehendak orang tua
b. menjaga nama baik keluarga
c. saling membantu antar sesama keluarga

dalam lingkungan sekolah :
a. bersikap disiplin
b. menjaga nama baik sekolah
c. menciptakan suasana belajar yang tenang

dalam lingkungan masyarakat :
a. melaksanakan aturan yang telah ditetapkan dalam masyarakat
b. menciptakan ketertiban dan kesejahteraan
c. mendukung program pembangunan

CREATED BY : PUTRI FEBRIOMITA....

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More